banner 728x250

Terkendala Kartu Tani Pihak Dinas Pertanian Pertanyakan Kinerja Bank

  • Bagikan
Terkendala Kartu Tani Pihak Dinas Pertanian Pertanyakan Kinerja Bank
banner 468x60

TANAH DATAR, MEDGO.ID– Kartu tani yang merupakan syarat mutlak dalam pelayanan untuk mendapatkan pupuk subsidi pemerintah bagi para petani.

Bank Mandiri Cabang Batu Sangkar sebagai pengadaan kartu Tani mempersulit petani untuk mendapatkan kartu tani. Terhitung dari tahun 2019 data petani yang telah keluar atau ter update hampir sebanyak 95% atau sekitar 42.902 orang.

banner 336x280

 

Kepala Dinas Pertanian Yulfiardi saat di temui awak media mengatakan, “entri data RDKK petani yang telah keluar dan ter update dari tahun 2019, hampir 95% petani sekitar 42.992 orang di kabupaten Tanah Datar, dan telah diserahkan  kepada pihak pengadaan kartu tani yaitu Bank Mandiri,” jelasnya.

Pihak Bank Mandiri beralasan karena dengan adanya Covid-19 makanya terkendala pembuatan dan pemberian kartu tani untuk para petani di Tanah Datar dan baru selesai sekitar 50% dan belum terealisasikan.

Sonny Yaneva Putra selaku Kepala Bank Mandiri Batu sangkar menyebutkan, “kartu tani telah siap sebesar 50%  dan memang belum terealisasikan kepada petani, dikarenakan pandemi Covid-19,”jelasnya.

Dalam waktu bersamaan wali nagari III Koto, Sukmawati juga menyebutkan “pelaksanaan pemberian kartu tani hanya sekali dilakukan, tidak ada laporan dari kegiatan tersebut, sudah berapa banyak terealisasikan kepada petani dan berapa sisanya, walaupun tupoksi nya tidak ada, namun setidaknya pihak nagari perlu juga mengetahui”, terangnya.

Untuk itu Dinas terkait mempertanyakan kinerja Bank Mandiri Batu sangkar dalam melayani program kartu tani ini, terutama sekali Bupati Kabupaten Tanah Datar, tentunya ada capaian target yang harus dicapai oleh Bank Mandiri Batu sangkar ini, baik dari segi jumlah maupun dari target waktu yang ditentukan. Karena petani sudah sangat banyak terbebani, mulai dari harga pupuk yang mengalami “penyesuaian”, kelangkaan pupuk, dan sekarang terbebani oleh administrasi yang bukan tugas dan tanggung jawab petani. (Achi)

Editor : Surya Hadinata

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *