Polres Kota Pariaman Adakan Simulasi Pengamanan Pilkada

43
Polres Kota Pariaman Adakan Simulasi Pengamanan Pemilu

PARIAMAN, MEDGO.ID – Polres Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan simulasi pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) provinsi dan kota serta kabupaten. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kerusuhan atau hal-hal yang tidak diinginkan dari pihak yang tidak menerima hasil dari pungut dan hitungan surat suara.

“Hari ini kami melaksanakan uji coba sistem pengamanan kota dalam rangka mengantisipasi unjuk rasa yang mungkin akan terjadi pada Pilkada 2020 di Wilayah Hukum Polres Kota Pariaman”, kata Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana usai kegiatan simulasi di Pariaman, Sabtu (28/11).

Ia mengatakan pada latihan tersebut dapat melihat kesiapan personel dan peralatan dalam melaksanakan pengamanan pada Pilkada 2020 tingkat Sumbar di Kota Pariaman, serta sebagian wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Diketahui padang Pariaman juga melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,dari topografi wilayah, sebagian daerah itu masuk ke dalam wilayah hukum Polres Pariaman.

“Namun kita tetap bersiap dan bersiaga untuk menghadapi pengunjuk rasa atau peristiwa lainnya dalam proses tahap Pilkada, apalagi sekarang musim hujan”, katanya.

Ia menyampaikan persiapan tersebut dilakukan meskipun dalam pemantauan di wilayah Hukum Polres Pariaman dinilai tidak terlalu rawan, setidaknya pada simulasi tersebut pihaknya mengerahkan personel sekitar 200 orang, serta sarana pendukung di antaranya satu mobil penyemprot air atau ‘water cannon’.

Untuk pengamanan pada pelaksanaan pilkada Sumbar dan Padang Pariaman nantinya, pihak kepolisian mengarahkan satu personel untuk mengamankan dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang didukung oleh Enam Linmas.

“Untuk TPS rawan di wilayah Hukum Polres ada satu, tapi dibidang demografinya yaitu Kecamatan Sungai Geringging karena lokasinya sulit terjangkau”, ujarnya.

Demi melancarkan pengamanan pendistribusian logistik Pilkada, pihaknya telah mempersiapkan personel dan sarana dukungan lainnya. (Lili)

Editor : Surya Hadinata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here