Pemko Padang Gencarkan Tes Swab, Antusias Warga Meningkat Datangi Puskemas Andalas

45
Tampak antusias warga untuk melakukan Swab Tes (foto Humas )

PADANG, MEDGO.ID – Dalam sehari jumlah warga masyarakat yang melakukan pemeriksaan Swab di Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur mencapai 150 orang. Hal tersebut meningkat lebih dua kali lipat dari hari-hari sebelumnya yang hanya berkisar sekitar 60 orang

Peningkatan tersebut terjadi sejak dikeluarkannya surat instruksi Gubernur Sumatera Barat yang mewajibkan seluruh pelaku usaha, rumah makan, restoran dan cafe untuk melakukan tes swab bagi karyawannya,

Kepala Puskesmas Andalas Mela Aryati menjelaskan hal tersebut saat ditemui di ruang kerjanya seusai meninjau pelaksanaan tes swab, Jumat (06/11/2020).

“Per harinya kita melakukan pemeriksaan hingga 150 orang. Awalnya kita membatasi hanya 100 orang, tapi karena banyaknya yang akan melakukan pemeriksaan maka tetap kita layani,” ujar Mela.

Mela menambahkan dari hasil swab yang telah dilakukan Puskesmas Andalas, terjadi penurunan kasus masyarakat yang positif terpapar Covid 19. “Jika minggu sebelumya, setiap 100-150 sampel yang diambil terdapat rata-rata 20 yang positif, maka dalam minggu ini rata-rata hanya dua sampel yang positif terpapar Covid 19,” ujar Mela.

Ia berharap dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mau melakukan pemeriksaan swab, dapat membantu upaya tracking terhadap masyarakat.

Mela juga berpesan agar masyarakat mematuhi dan melaksanakan adaptadi kebiasaan baru yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna memutus rantai penyebaran Covid 19. (Rls/RA/Irwan Rais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here