Motivasi Pemilih, PSU Tanah Datar Bagi-bagi Hadiah Kepada Warga Yang Ikut Mencoblos

52
Motivasi Pemilih, PSU Tanah Datar Bagi-bagi Hadiah Kepada Warga Yang Ikut Mencoblos

TANAH DATAR, MEDGO.ID—Pungutan Suara Ulang (PSU) yang di gelar pada minggu  (13/12) kemarin di Tempat Pemungutan Suara  (TPS) 07 Jorong Tago Palange, Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Tanah Datar, masih di menangkan oleh Pasangan Calon 04, Mahyeldi-Audy.
 
 
Dimana pasangan 04 Mahyeldi – Audy memperoleh (101) suara, kemudian disusul oleh Paslon 02 Nasrul Abit-Indra Catri dengan (39) suara, pada urutan ke 3 diraih oleh Paslon 03 Fakhrizal-Genius Umar dengan (18) suara, dan terakhir pasangan Mulyadi- Ali Mukhni hanya sebanyak (17) suara. PSU yang dilakukan di TPS 07 hanya untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur saja.
 
 
Alasan dari PSU ini di lakukan karena adanya kesalahan informasi pada Pilkada 2020 kemarin, dimana empat orang warga yang berdomisili di jorong itu tidak memiliki  KTP. Sedangkan teknis pelaksanaan tetap seperti prosedur pemungutan pada saat Pilkada, yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00WIB untuk pencoblosan suara. Dan pukul 13.30-16.00 WIB dilakukan penghitungan suara.
 
Rio Van Putra, Ketua KPPS TPS 07 Pangian mengatakan “PSU dilakukan karena kesalahan informasi pada Pilkada Rabu (9/12) lalu, di mana, saat itu ada empat pemilih yang berdomisili di jorong itu, tapi tidak ber KTP di situ, alasan diterima karena pertimbangan mereka tidak mungkin melakukan kecurangan karena sudah merupakan warga setempat”, ujarnya Minggu 13/12) malam.
 
 
Karena PSU yang digelar pada minggu yang bertepatan dengan hari pasar masyarakat, maka partisipasi masyarakat untuk melakukan PSU menjadi berkurang dibanding pada, Rabu (09/12), kemarin. Dari yang tercatat sebelumnya pada Rabu (09/12) sebanyak 219 orang pemilih, dan pada PSU yang di gelar Minggu (13/12) tercatat 182 orang pemilih. Untuk menarik partisipasi masyarakat melakukan Pemilihan Suara Ulang, panitia TPS memberikan  hadiah kepada pemilih yang datang mencoblos.
 
 
“Awalnya pemilih pada Rabu (9/12/) tercatat 219 orang, sedangkan pada Minggu saat PSU, turun menjadi 182 orang, untuk menarik partisipasi masyarakat, panitia di TPS pun melakukan inovasi dengan memberi hadiah hiburan kepada pemilih yang datang mencoblos,” ungkap Rio.
 
 
proses PSU ikut dikawal oleh petugas dari Polsek Lintau Buo, Bawaslu Tanah Datar, Panwascam Lintau Buo, serta KPPS Pangian. Selama waktu pencoblosan, panitia juga terus menyampaikan imbauan agar warga datang mencoblos melalui pengeras suara. (Achi)
 
Editor : Surya Hadinata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here