banner 728x250

Mengaku Sebagai Dirreskrimsus Polda Sumbar, Penipu Ini dijerat Pasal Berlapis

  • Bagikan
Mengaku Sebagai Dirreskrimsus Polda Sumbar, Penipu Ini dijerat Pasal Berlapis
banner 468x60

PADANG, MEDGO.ID — Penipuan melalui Whatsapp dengan modus mengatasnamakan atasan ataupun sebuah instansi kerap kali terjadi di lingkungan masyarakat. Tak segan, bahkan penipu berinisial GHW (32) ini mengaku-ngaku sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sumbar untuk melancarkan aksinya.

Pria yang mengaku sebagai Kombes Pol Joko Sodono ini meraup keuntungan mencapai Rp35 juta dari dua orang korban. Bukan Hanya Whatsapp, pria ini mulanya mengelabui korban melalui Facebook dengan menggunakan akun samaran.

banner 336x280

“Tersangka ini mengaku sebagai pejabat utama di Polda Sumbar, dia mengaku sebagai Dirreskrimsus Polda Sumbar,” ucap Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto kepada, Jumat (08/01).

Bermula dari laporan dua orang korban, pelaku membuat akun facebook bodong dengan mengatasnamakan Joko Sadano. Setelah itu berkomunikasi berlajut ke Whatsapp, dan meminta sejumlah uang dengan berbagai alasan kepada korban.

“Dari korban pertama, tersangka meminta uang Rp 20 juta, permintaan tahap awal Rp 8 juta, alasannya ketika itu mengaku sebagai Kombes Joko Sadono, dapat perintah sama Pak Wakapolda dirinya diminta berkunjung ke Padang”, tukasnya.

Tak sampai disitu, tersangka kembali meminta uang sebanyak Rp12 Juta kepada korban pertama. Untuk korban kedua mengalami kerugian mencapai Rp15 juta, modusnya uang ini digunakan untuk operasional anggota dalam menyelesaikan sebuah perkara.

Dari perbuatannya, Polisi mengamankan tujuh unit handphone, SIM card hingga dua kartu ATM yang digunakan tersangka.

“Kami sebelumnya sudah melakukan imbauan kepada masyarakat, agar tidak mudah tertipu dengan adanya telepon atau Whatsapp mengaku sebagai pejabat utama Polda Sumbar”, tambah Satake Bayu.

Akibat perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal berlapis Undang-undang nomor 11 tahun 2008 yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik dengan pasal 55 jo pasal 56 KUHP. (Ayu)

Editor : Surya Hadinata

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *