banner 728x250

Lagi-lagi soal BLT, Warga Batupalano Tuntut Pemerintah Nagari Untuk Transparan

  • Bagikan
Suasana aksi warga masyarakat Batu Palano sewaktu bertemu Camat Sungai Pua
banner 468x60

Agam, (MEDGO.ID) – Suasana riuh masih dirasakan warga Kecamatan Sungai Pua pasca aksi yang dilakukan oleh warga Batagak di kantor Nagari Batagak Kecamatan Sungai Pua dalam kegiatan manyuarakan aspirasi terkait dugaan Pungli dan kesalahan data dalam penerimaan BLT beberapa hari lalu.

Tak ketinggalan, Nagari Batupalano yang notabene merupakan Nagari tetangga dari nagari Batagak sendiri juga melakukan hal serupa di Kantor Walinagari Batupalano Rabu pagi, (27/05). Hal ini juga dipicu oleh kecemburuan sosial akibat pembagian dana BLT perbantuan Covid-19 yang disinyalir tidak tepat sasaran.

banner 336x280

Namun berbeda dari aksi di Batagak peristiwa ini berlangsung dramatis dikarenakan salah seorang warga yang bernama Idan (64) menangis histeris sembari berteriak menyuarakan kepiluan hatinya akibat kesulitan ekonomi, sementara Ia harus menghidupi 3 (tiga) orang anak yatim dan Ia mengaku tidak mendapatkan satupun perbantuan dari pemerintah.

Dalam aksinya, Warga Batupalano menuntut keadilan pembagian dana BLT kepada masyarakat serta transparansi data agar masyarakat bisa ikut mengetahui secara langsung dan menilai apakah bantuan BLT dan bantuan lainnya memang sudah tepat sasaran atau belum, sesuai dengan Sila ke Lima Pancasila, yakni “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia“.

Daniel St. Rajo Basa, Perwakilan Anak Nagari Batu Palano

Dalam aksi ini masyarakat mendapatkan data yang diberikan langsung oleh pemerintah Nagari sebagai solusi dari untrusment (ketidakpercayaan) masyarakat yang berujung kepada aksi demonstrasi yang menjadi corong perwujudan dari asas demokrasi. Dalam aksi ini, Danil Sutan Rajo Basa (40) selaku Anak Nagari Batupalano saat di wawancarai oleh medgo.id pasca aksi damai yang berlangsung dari pagi mengatakan bahwasanya aksi ini adalah spontanitas warga masyarakat,  “Aksi damai ini, bukan di rencanakan namun spontanitas masyarakat sendiri karena ketidakadilan yang mereka dapat”. Ujar Danil.

Setelah aksi damai ini selesai, masyarakat pun merasa puas karena apa yang mereka tuntut telah mereka dapati, karena data-data penerima BLT sudah berada ditangan masyarakat.

Dalam aksi ini Syafrizal selaku Camat Sungai Pua berharap masyarakat bisa bersabar, “ Masyarakat harus sabar, yang namanya bantuan itu pasti akan mengalir terus kepada masyarakat”, Ujarnya.

Untuk waktu selanjutnya, masyarakat berharap kepada pemerintah mampu bertindak seadil-adilnya tidak hanya berpihak kepada masyarakat yang dekat dengan aparatur pemerintahan, namun melihat dari pantas atau tidaknya warga masyarakat tersebut mendapatkan bantuan, serta transparan dalam penyelenggaraannya. (Rahmi)

Editor : Surya Hadinata

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *