KPU Padang Ingatkan Pencoblos Membawa Pena Saat Pilkada 2020

76
Ilustrasi Pilkada 2020

BUKITTINGGI, MEDGO.ID — Sedikit berbeda dari sebelumnya, masa Pilkada 2020 yang tinggal menggitung hari ini dilaksanakan dengan ketentuan protokol kesehatan Covid-19.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat akan berlangsung 9 Desember 2020 mendatang. Pada pemilu kali ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang meminta agar pencoblos yang datang untuk membawa masker dan pena sendiri saat memberikan hak suaranya.

“Tujuan membawa pena dari rumah itu agar pena tersebut hanya digunakan oleh satu orang saja saat mengisi daftar hadir. Karena saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19,” ujar Ketua KPU Padang Riki Eka Putra, Selasa (10/11).

Perbedaan pemilu kali ini akibat pada maraknya Pandemi di Sumatera Barat, baik penyelenggara maupun pemilih wajib mematuhi protokol kesehatan.

Menurutnya, agar tidak terjadi kerumunan pada saa pemilu ditempat pemungutan suara (TPS), panitia pelaksana akan mengatur alur kedatangan pemilih.

“Pemilih akan diberi sarung tangan sekali pakai dan kemudian (petugas) akan menyemprotkan tinta ke tangan pemilih yang sudah selesai mencoblos. Pada pemilu sebelumnya, jari dicelupkan ke tinta”, ucap ketua KPU.

Selain itu, alat pencoblos surat suara akan disemprot dengan desinfektan saat pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat yang diikuti empat pasangan, yaitu Mulyadi-Ali Mukhni, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius Umar dan Mahyeldi-Audy Joinaldi. (Ayu)

Editor : Surya Hadinata

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here