banner 728x250

Diduga Terjerat Politik Hitam, PaslonGub Mualim Dilaporkan ke Bawaslu Sumbar

  • Bagikan
Warga laporkan Mualim ke Bawaslu
banner 468x60

Padang, (MEDGO.ID) – Kampanye hitam menjadi ajang politik yang terkadang lumrah kita lihat menjelang setiap kali akan berlangsungnya pilkada, dengan menghalalkan segala cara untuk mempengarui masyarakat dalam memberikan hak suaranya pada pilkada mendatang, namun ini tidak seluruhnya berjalan sesuai rencana.

Seperti yang terjadi pada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar di Pilgub Sumbar 2020. Paslon Mulyadi-Ali Mukhni dilaporkan ke Bawaslu Sumbar oleh sejumlah warga di Kelurahan Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang atas temuan berupa kantong berisi beras, kalender, serta stiker bergambar pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

banner 336x280

Arifman yang merupakan kuasa hukum masyarakat mengatakan bahwa temuan tersebut telah melanggar UU nomor 10 tahun 2016 Pasal 73 ayat 1 yaitu calon atau tim kampanye dilarang memberikan uang atau materi lainnya untuk mempengaruhi pemilih.

Sebagai kuasa hukum ia melihat adanya pelanggaran berupa pemberian bantuan berbentuk materi kepada masyarakat. Arifman bersama masyarakat mengatakan bahwa bukti tersebut ditemukan sebelum masa kampanye pilgub sumbar dimulai pada September lalu.

“Kita lihat, ini indikasinya dan kita laporkan dulu ke Bawaslu, nanti ini bisa menjadi tindakan pencegahan”, ucapnya.

Anggota Bawaslu Sumbar Elly Yanti mengatakan warga tersebut melaporkan dugaan tindak pisana politik uang, namun laporan belum bisa diterima Bawaslu sebab belum didaftarkan.

Untuk menindaklanjuti laporan tersebut, Bawaslu beserta beberapa instansi terkait akan meneliti apakah laporan tersebut memenuhi syarat formil dan materil. “Jika terpenuhi, maka diregistrasi dan jika tidak terpenuhi, diminta kepada pelapor untuk memperbaiki”, tukasnya.

Untuk saat ini pihaknya belum bisa menyampaikan, apakah laporan tersebut sudah memenuhi syarat formil dan materil karena belum dilakukan kajian awal.(Deni)

Editor : Surya Hadinata

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *