banner 728x250

BPBD Pasbar: Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Bencana

  • Bagikan
BPBD Pasbar: Ingatkan Masyarakat Tetap Waspada Bencana
banner 468x60

PASAMAN BARAT, MEDGO.ID – Tingginya intensitas hujan beberapa waktu belakangan ini di wilayah Pasaman Barat, berdampak pada rawan terjadinya banjir dan longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat meminta masyarakat mewaspadai sungai meluap bila hujan telah lebih tiga jam.

Gustirizal selaku Sekretaris BPBD Kabupaten Pasaman Barat, Kamis kemarin (26/11) mengatakan berdasarkan peta kerawanan bencana, ancaman terbesar saat ini adalah longsor dan banjir.

banner 336x280

Ia menyebutkan beberapa titik rawan bencana di Pasaman Barat diantaranya di Kecamatan Talamau dan Gunung Tuleh, yang merupakan kawasan pemukiman dan akses lintas antara Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman, tepatnya di Talu dan Sinuruik.

“Saat curah hujan tinggi pengendara dan masyarakat yang berada di sekitar rawan longsor harus berhati-hati, ” katanya.

Selain curah hujan yang tinggi, beberapa aliran sungai dikhawatirkan meluap, apabila hujan lebih dari 3 jam. Diantaranya aliran sungai Batang Pasaman, batang bayang, batang sikabau batang ampuh dan beberapa aliran sungai kecil lainnya.

Dia berpesan kepada masyarakat yang beraktifitas di pinggir aliran sungai seperti nelayan mencari ikan atau petani harus memperhatikan situasi volume air jika sedang naik diminta segera menjauh karena dikhawatirkan terjadi banjir bandang.

“Masyarakat sudah tau dengan tanda tanda alam, jadi harus lebih terbiasa,” ujarnya.

Beberapa wilayah di Pasaman Barat sering terjadi bencana banjir dan longsor biasanya terjadi di akhir tahun. Disisi lain, nelayan dan masyarakat yang bermukim di pinggir pantai diminta memperhatikan kondisi cuaca di laut agar tidak mengancam keselamatan saat beraktivitas atau banjir bandang.

“Alhamdulillah hingga saat ini belum ada laporan bencana, kami berharap jangan ada bencana alam, sebab kita sedang sibuk melawan covid-19,” katanya. (Asep)

Editor: Surya Hadinata

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *