banner 728x250

Bantu Masyarakat Saat Pandemi, Bank Nagari Kucurkan Program Dengan Bunga 2 Persen Setahun

  • Bagikan
Program Kredit Simamak yang akan di salurkan Bank Nagari
banner 468x60

PADANG, MEDGO.ID – Dalam Rangka membangun UMKM saat pandemi Covid-19 Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat atau Bank Nagari akan meluncurkan kredit super mikro untuk 5000 nasabah yang tersebar di provinsi pada akhir November 2020.

“Kami punya kredit super mikro atau nama programnya kredit simamak dengan maksimal pinjaman Rp3.000.000, titik pinjaman ini kami sabar kepada 5000 nasabah super mikro yang bunganya sangat rendah cuma 2% setahun”. Ujar direktur keuangan Bank Nagari Sania Putra serta didampingi oleh sekretaris perusahaan Bank Nagari Idrianis di Padang, Kamis (19/11).

banner 336x280

Program Kredit Simamak yang akan di salurkan membutuhkan total dana Rp 15 miliar yang disubsidi dari APBD provinsi Sumatera Barat.

“Jadi sama seperti KUR, hanya saja KUR merupakan subsidi dari pemerintah sedangkan kredit Simamak merupakan subsidi dari APBD Sumbar dan berada di bawah KUR karena kreditnya dibawah mikro atau disebut kredit super mikro”, jelasnya.

Untuk mewujudkan program ini, DPRD Sumbar sudah menyetujui dan kini menunggu persetujuan dari Gubernur. Bank Nagari sendiri telah menyiapkan SOP untuk kredit tersebut.

“Kemarin kami sudah menyiapkan SOP dan tinggal dari Pemda saja dan tinggal dari Pemda saja karena dari DPRD sudah menyetujuinya, titik kan harus ada payung hukumnya terkait dengan penggunaan subsidi APBD dan itu sudah selesai tinggal kajian dari Pemda lagi”. Ujarnya

Ia juga berharap persetujuan dari Pemprov segera dikeluarkan, karena pekan kemarin sudah selesai melaksanakan rapat dengan komisi 3 DPRD Sumbar dan sudah tuntas semoga bulan ini bisa dijalankan.

Sasaran dari program Kredit Simamak ini adalah orang yang tidak mampu memenuhi syarat perbankan, tapi memiliki usaha yang layak untuk diberikan akses perbankan serta yang terdampak pandemi Covid-19.

“Persyaratan untuk mendapatkan kredit ini sangatlah mudah tidak perlu agunan ataupun segala macam dokumen seperti kredit lainnya karena cukup punya surat keterangan usaha saja dari Wali Nagari atau Lurah sudah cukup”. Ujarnya.

Dalam menjalankan program Kredit Simamak Bank Nagari sudah bekerjasama dengan Asuransi sebagai upaya untuk meminimalisasi risiko risiko yang akan terjadi.

Jika program kredit ini sudah berjalan, nasabah akan membayar angsuran tiap bulan sebesar Rp250.000 ditambah bunga yang sangat rendah yakni 2 persen setahun atau Rp5.000 sebulan.

Program Simamak ini diharapkan sangat membantu di saat pandemi dan mendidik warganya memiliki rasa tanggung jawab terhadap pinjaman yang diberikan dan bentuk kepedulian pemerintah Sumatera Barat

Ia juga berharap pemerintah daerah tergerak menganggarkan APBD daerah masing-masing untuk pelaku ekonomi super mikro dalam membangun usaha masyarakat di dalam kondisi pandemi Covid-19. (Asep)

Editor : Surya Hadinata

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *