Bangkitkan Perekonomian Masyarakat, Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Kembali Beri BLT

108
Agus Dwifajra selaku Skeretaris Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Agam

Agam, MEDGO.ID – Usaha untuk bangkit kembali sudah mulai dilakukan oleh masyarakat untuk menghidupkan kembali perekonomian yang sempat runtuh akibat Pandemi Covid-19, Bantuan-bantuan pun berdatangan dari masing-masing daerah.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Agam, terdapat sebanyak 13.409 Unit Mikro Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan bantuan langsung tunai dari pemerintah pusat guna menghadapi tekanan perekonomian akibat pandemi Covid-19.

“Bantuan langsung tunai tersebut diberikan sebesar Rp2,4 Jt disetiap bulannya dan itu langsung masuk rekening masyarakat UMKM”. Ujar Agus Dwifajra selaku Skeretaris Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di Agam

Dana yang disalurkan melalui Bank BRI dan BNI kepada UMKM yang bergerak di berbagai usaha seperti, kuliner, kerajinan dan lainnnya yang tersebar di 16 Kecamatan.

Pada Awal Juli 2020 lalu, Pemkab Agam mengusulkan sebanyak 7.610 yang mendapatkan BLT dari kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia . Namun, yang disetujui pemerintah pusat malah lebih banyak dari yang diusulkan, yakni sebanyak 13.409.

Bantuan yang diberikan ini menjadi salah satu langkah dari program penghidupan kembali Perekonomian Nasional (PEN) yang di dapat dari pemerintah untuk membantu para pengusaha dan Industri kecil menghadapi tekanan ekonomi akibat dampak Pandemi Covid-19.

Dari informasi yang didapat, kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Kembali membuka pendaftaran penerima BLT tambahan, dan informasi tersebut telah disampaikan ke-16 Kecamatan untuk mengusulkan UMKM penerima BLT, dan pihaknya menunggu data sampai pertengahan November 2020. (Rahmi)

Editor :Surya Hadinata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here