APBD 2021 Kota Padang Panjang Rampung, Pemkot Maksimalkan Anggaran Terbatas

51
APBD 2021 Kota Padang Panjang Rampung, Pemkot Maksimalkan Anggaran Terbatas

PADANG PANJANG,MEDGO.ID — Ranperda tentang Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021 menjadi Perda telah disetujui oleh DPRD Kota Padang Panjang.

Penetapan persetujuan diambil dalam rapat paripurna yang berlangsung Sabtu malam (28/11).

Dengan demikian, APBD 2021 telah sah dan menunggu evaluasi gubernur Sumbar untuk kemudian diterapkan.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Mardiansyah, didampingi Wakil Ketua, Yulius Kaisar dan Imbral. Dari unsur eksekutif, hadir Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, dan Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si beserta para pimpinan perangkat daerah dan Forkopimda.

Zulkifli,S.H sebagai sekretaris dewan menyampaikan, dalam berita acara persetujuan bersama DPRD dan Pemkot, APBD 2021 disetujui sebesar RP. 609.302.360.536.

Sedangkan untuk jumlah pendapatan menjadi kesepakatan Banggar dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) selama pembahasan yang intens di beberapa bulan terakhir ini, ditargetkan sebesar Rp582.302.360.536.

“Setelah persetujuan, selanjutnya Ranperda ini akan dikirimkan kepada gubernur untuk dilakukan evaluasi, jadi ini belum keputusan final, keputusan finalnya nanti setelah adanya evaluasi dari gubernur”, jelasnya.

Persetujuan penetapan APBD 2021 juga disertai dengan berbagai saran dan masukan dari lima fraksi di DPRD, yang intinya berkaitan dengan pemulihan dan recovery ekonomi pasca COVID-19 dan program prioritas yang akan diselenggarakan Pemkot kedepannya.

Dalam sambutannya, Walikota Padang Panjang Fadly Amran menyampaikan terima kasih kepada legislatif yang telah berkenan membahas APBD 2021 dengan intens.

”Secara khusus saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Banggar bersama komisi-komisi DPRD yang telah bekerja keras mempercepat dan merampungkan pembahasan rancangan APBD 2021 ini, sehingga dapat disetujui bersama sesuai jadwal yang telah ditentukan, dengan begitu evaluasi gubernur dapat segera dilaksanakan,” ucapnya.

Setelah adanya evaluasi dari gubernur, pihaknya berkomitmen akan merealisasikan anggaran ini secepatnya. Pemkot juga akan serius memaksimalkan anggaran yang terbatas di tahun 2021 ini, tegas Fadly.

“Kami akan merealisasikan kegiatan di 2021 ini dengan cepat dan maksimal. Insya Allah, untuk tender pembangunan, dimulai pada Desember tahun ini juga, selain itu kita juga akan mencari peluang-peluang lain, seperti ke pusat dan provinsi untuk sharing dana dalam recovery ekonomi pasca COVID-19 maupun yang lainnya,” Ujarnya.

Mardiansyah juga menyampaikan, DPRD akan terus melakukan pengawasan terhadap Pemkot dan juga meminta program-program pembangunan,salah satunya penyempurnaan Pasar Pusat yang pengerjaannya sudah ditenderkan diawal tahun.

Selain itu untuk membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 dan recovery ekonomi, pada tahun anggaran 2021 ini DPRD juga sudah sepakat untuk meniadakan pokir.

“Ini kami lakukan untuk membantu visi-misi walikota dan membantu apa yang betul-betul dibutuhkan masyarakat Padang Panjang,” ujarnya.(Asep)

Editor: Surya Hadinata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here