Antisipasi Penyebaran Pandemi Saat Pilkada, 1.380 Pengawas TPS Agam Lakukan Rapid Test

80
Antisipasi Penyebaran Pandemi Saat Pilkada, 1.380 Pengawas TPS Agam Lakukan Rapid Test

AGAM, MEDGO.ID – Demi menghindari penyebaran Pandemi Covid-19 saat pemungutan suara di pilkada Desember mendatang, sebanyak 1.380 orang pengawas di tiap-tiap Tepat pemungutan Suara (TPS) pada Pilkada Kabupaten Agam, mengikuti Rapid Test serentak di lima Puskesmas

Rapid test tersebut dilakukan di Puskesmas Lubukbasung, Puskesmas Koto Alam, Puskesmas Matur, Puskesmas Pakan Kamih dan Puskesmas Biaro. Puskesmas tersebut sudah melakukan kerja sama dengan Bawaslu Sumbar dan Dinas Kesehatan.

“Tes cepat serentak dilakukan bagi pengawas TPS di 16 Kecamatan, pelaksanaan rapid test itu satu hari untuk sebanyak 1.380 pengawas TPS”. Ujar Elvys, ST selaku ketua Bawaslu Agam, Sabtu (28/11).

Dari data yang didapat dilapangan, untuk Puskesmas Lubukbasung ada sebanyak 207 orang, Kecamatan Tanjungmutiara 87 orang, dan Kecamatan Malalak 29 orang. Sedangkan di Puskesmas Koto Alam untuk Kecamatan Ampeknagari terdapat 71 orang dan Kecamatan Palembayan ada 98 orang.

Sementara, disisi lain di Puskesmas Matur untuk Kecamatan Matur terdapat 62 orang, dan Kecamatan Ampek Koto ada 67 orang dan Kecamatan Tanjung Raya ada 97 orang.

Dan dilihat juga di Puskesmas Pakan Kamih untuk Kecamatan Tilatang Kamang palupuah ada 45 orang dan untuk kecamatan Kamang Magek ada 72 orang.

Untuk Puskesmas Biaro untuk Kecamatan Ampek Angkek ada 111 orang, Kecamatan Sungai Pua ada 66 orang, Kecamatan Banuhampu ada 109 orang.

“Apabila dari hasil cepat pengawas TPS reaktif maka mereka akan melakukan isolasi mandiri selama satu minggu, dan setelahnya akan dilakukan tes ulang di Puskesmas yang ditunjuk”. Tukas Elvys.

“Jika rapid test yang kedua kembali reaktif, maka mereka akan kita lakukan pergantian antar waktu dan ini dalam mencegah penyebaran Covid-19 bagi penyelengggara”. Tukasnya.

Selain melakukan cek kesehatan, Bawaslu Agam akan melakukan Bimtek (Bimbingan Teknis) bagi 1.380 pengawas TPS menjelang Pilkada yang akan dilakukan oleh masing-masing Panwas Kecamatan dengan Protokoler Kesehatan. (Rahmi).

Editor : Surya Hadinata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here