banner 728x250

345 Juta Uang Tidak Layak Edar Ditemukan di Bank Nagari Simpang Empat

  • Bagikan
banner 468x60

Pasaman Barat, MEDGO.ID – Bank merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat sebagai penunjang sistem pembayaran masa modern ini.

Dari transaksi yang dilakukan, pihak bank banyak menemukan uang tidak layak edar, seperti Bank Nagari yang berada di Simpang Empat Pasaman Barat menemukan senilai Rp.345 juta uang tidak layak edar.

banner 336x280

“Uang itu ditemukan dari transaksi tunai dengan nasabah,” kata Pimpinan Bank Nagari Cabang Simpang Empat, Pasaman Barat, Hendri Masri di Simpang Empat, Jumat (20/11).

Ia mengatakan uang tidak layak edar karena kondisi uang kertas lusuh, cacat, rusak dan nomor seri yang hilang.

menindak lanjuti uang yang tidak layak pakai tersebut, pihaknya mengirimkan ke kantor kas koordinator dan nanti akan di teruskan ke Bank Indonesia.

“Saat transaksi, teller berkemungkinan menemukan uang yang diragukan keasliannya dan menindaklanjuti ke kantor pusat untuk diteruskan ke Bank Indonesia,” Tuturnya.

Hendri Masri juga mengatakan uang yang telah dikumpulkan nantinya akan diganti dengan uang baru setelah persetujuan Bank Indonesia.

“Rata-rata setiap tahun kita menemukan uang tidak layak edar senilai Rp300 juta lebih,” ujarnya.

Menurut Hendri, Uang yang tidak layak itu menurutnya karena disebabkan pemakaian yang terlalu sering, robek dan lembek. Walaupun dengan kondisi itu nasabah masih tetap bisa bertransaksi dan tidak menghalangi untuk menabung dan sebagainya.

Sejauh ini pihaknya belum menemui uang palsu yang beredar dimasyarakat. Bank tidak boleh menyebutnya palsu tetapi jika diragukan akan diteruskan dan dilaporkan ke Bank Indonesia.

Dalam melayani masyarakat, pihaknya telah memiliki sekitar 80 ribu nasabah yang tercatat di Bank Nagari Simpang Empat saja. (Asep)

Editor : Surya Hadinata

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *